Pengaruh Citra Perusahaan, Kepercayaan Nasabah, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Arthagraha General Insurance Di Pontianak

Authors

  • Gustian Fernanda Noor Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada PT Arthagraha General Insurance di Pontianak. Penelitian ini berbentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Metode analisa yang digunakan adalah analisis linear berganda dan menggunakan skala rating yang diolah dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Hasil penelitian memperoleh temuan bahwa citra perusahaan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik citra perusahaan, kepercayaan nasabah, dan kualitas pelayanan PT Arthagraha General Insurance maka dapat meningkatkan loyalitas nasabah. Saran yang dapat diberikan yaitu sebaiknya perusahaan memberikan pelatihan kepada karyawan agar pegawai dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan prima kepada nasabah. Perusahaan juga dapat mempertimbangkan untuk menyusun strategi penetapan harga dan strategi pemasaran yang lebih menarik lagi bagi nasabah agar tidak kalah saing dari kompetitor.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Haris, H. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(2), 135-151.

Khakim, L., Fathoni, A., & Minarsih, M. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management, 1(1), 1-15.

Kotler, P. & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketigabelas. Jakarta: Erlangga.

Laely, N. (2016). Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 3(2), 61-74.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles