Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Kompetitif Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak

Authors

  • Noviana Vina Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga kompetitif dan kinerja pelayanan terhadap minat beli konsumen pada Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode accidental probability dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga kompetitif dan kinerja pelayanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Hasil pengujian secara persial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga kompetitif dan kinerja pelayanan berpengaruh signifikan terhadap variabel minat beli konsumen. Adapun saran-saran yang dapat penulis berikan sebaiknya pihak Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak yaitu perusahaan harus mempertahankan kualitas produk, harga kompetitif dan kinerja pelayanan karena dapat mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Supermarket Kaisar Cabang Siantan Pontianak.

References

Fiqihta, Elmi, Ecin Kuraesin, and Leny Muniroh. (2019). "Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan." Manager: Jurnal Ilmu Manajemen 2.1: 127-144.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Gustin, Citra Monica, and Della Maretha. (2021). "Analisa Sistem Akuntansi Penjualan Tiket dan Pengeluaran Kas Terhadap Keputusan Investasi Pada PT Garuda Indonesia, Tbk." Jurnal Akuntansi 15.2.

Karima, Lubnan. Keunggulan Kompetitif Pada Produk Asuransi Pendidikan (Pt. Asuransi Jiwa Bringin Life Syariah Dan Pt. Ajb Bumiputera 1912 Syariah). BS thesis. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pambudy, Akhlis Priya. (2016). "Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap kepuasan pasien di Puskesmas Dukun Gresik." JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen) 1.1: 11-Halaman.

Permatasari, Yuhan. (2013). Analisis Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Kualitas Dan Brand Equity Produk Shopie Martin Paris Pada Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Prabowo, Aris. (2013). "Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Brand Trust, Brand Image, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Brand Loyality pada Air Meneral Aqua".

Sandro, Dermawan. (2014). "Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain terhadap Keputusan Pembelian Mobil MPV Merek Toyota Innova di Semarang." Jurnal Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Saputra, Muhammad Yogi. Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah (Study kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang Selatan. BS thesis. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Uin Jakarta.

Susanto, Andreas Agus. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Ayam Gepuk Pak Gembus Wotgandul Semarang). Diss. Unika Soegijapranata Semarang

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles