Pengaruh Kepercayaan Anggota, Citra Perusahaan Dan Lokasi Strategis Terhadap Keputusan Menabung Pada Credit Union Semarong Di Kantor Pusat Sosok

Authors

  • Oktavia Siska Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membangun sebuah model konseptual untuk meneliti bagaimana hubungan variabel kepercayaan anggota, citra perusahaan dan lokasi strategis dalam meningkatkan keputusan menabung pada CU Semarong di Kantor Pusat Sosok. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah jenis eksplanatori berbentuk kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Populasi dalam  penelitian ini adalah anggota CU Semarong di Kantor Pusat Sosok. Teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 145 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, koefisien korelasi, koefisien determinasi (R2), regresi linear berganda, uji F dan uji T. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel kepercayaan anggota, citra perusahaan dan lokasi strategis memberikan pengaruh yang signifikan dan simultan terhadap variabel keputusan menabung.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Utama, A.P. & Murti, T.R. (2021). Kepuasan Nasabah Sebagai Mediator Pengaruh Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(2), 79-82.

Wijaya, O.Y.A. (2019). Strategi Customer Relationship Markering: Upaya Meningkatkan Citra dan Keputusan konsumen Menabung di Bank BRI Surabaya. Klaten: Lakeisha.

Wijayani, D.R. (2017). Kepercayaan Masyarakat Menabung pada Bank Umum Syariah. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 8(1).

Wulandari, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 6(9), 3.

Yolanda, a., Nurismilida., & Sari, R.A. (2021). Peranan Hubungan Masyarakat dalam Membangun Citra Perusahaan. Sumatra Utara: Cattleya Darmaya Fortuna.

Yulistiyono, A., Gunawan, E., Widayati, T., Firmansyah, H., Malau, N.A., Megaster,T., Ekopriyono, A., Nurhayati, T.P.T., Siahaan, A.L.S., Suharno, S., Setiyawan,S., Sumarjiyanto,N., Manullang, S.O., Retnandari, S.D., Isnowati, S., Caroline., Nusantara, A., Hikmah, H., Indawati, N. (2021). Bonus Demografi Sebagai Peluang Indonesia dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi. Cirebon: Insania.

Zaharuddin, H. (2006). Menggali Potensi Wirausaha. Bekasi: CV. Dian Anugerah Prakasa.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles