Pengaruh Kinerja Layanan, Daya Tarik Produk, Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Produk Swalayan Citra Niaga Pontianak

Authors

  • Natalia Ulan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kinerja layanan, daya tarik produk, dan harga kompetitif terhadap keputusan pembelian produk Swalayan Citra Niaga Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel sebanyak seratus (100) responden. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisa linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 22 (Statistical Program For Social Science, 22). Hasil analisis uji F pada penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja layanan, daya tarik produk, dan harga kompetitif secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Swalayan Citra Niaga Pontianak. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa kinerja layanan, daya tarik produk, dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan pula bahwa kinerja layanan, daya tarik produk, dan harga kompetitif berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Swalayan Citra Niaga Pontianak. Saran dari peneliti untuk pihak Swalayan Citra Niaga Pontianak adalah mempertahankan kinerja layanan, daya tarik produk yang baik dan memaksimalkannya, serta harga kompetitif karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk pada Swalayan Citra Niaga di Pontianak.

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles