Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Supermarket Citra Siantan Pontianak

Authors

  • Muryadi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Persaingan merupakan hal yang biasa terjadi terutama dalam dunia bisnis, termasuk Supermarket Citra Siantan Pontianak yang harus dapat bersaing dengan para kompetitornya untuk dapat memperlihatkan keunggulannya dan merebut perhatian konsumen. Konsumen yang akan mengambil keputusan dalam memilih tempat berbelanja akan mempertimbangkan berbagai hal sebelum memutuskan untuk membeli. Pertimbangan tersebut antara lain dipengaruhi oleh faktor harga kompetitif, daya tarik produk dan kualitas produk yang ditetapkan di Supermarket Citra Siantan Pontianak. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah harga kompetitif berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak. Apakah daya tarik produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak. Apakah kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak, Untuk mengetahui pengaruh daya tarik produk terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak dan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Supermarket Citra Siantan di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang berbelanja di Supermarket Citra Siantan Pontianak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang dihitung menggunakan metode deskriptif analisis. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik analisis kualitatif dengan bantuan sofware  SPSS statistic versi 22. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi: Y = 0,171X1 + 0,206X2 + 0,499X3. Kemudian untuk uji F menunjukkan bahwa variabel harga kompetitif, daya tarik produk dan kualitas bauran produk yang tepat untuk menguji variabel keputusan pembelian. Angka Adjusted R diketahui sebesar 0,512 yang ditunjukkan oleh kolom R Square. Nilai ini menunjukkan bahwa kemampuan harga kompetitif harga kompetitif, daya tarik produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 51,2 persen, sedangkan sisanya 48,80 persen adalah faktor lain dari luar variabel bebas.

Published

2024-05-11

Issue

Section

Articles