Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek, dan Intensitas Komunikasi Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Furniture Olympic di PT Graha Multi Bintang Cabang Pontianak

Authors

  • Berta Agustin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inovasi produk, citra merek, dan intensitas komunikasi word of mouth dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen produk furniture olympic di PT Graha Multi Bintang Cabang Pontianak. Bentuk penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data dan adapun alat analisis kuantitatif yang digunakan penulis untuk mengukur data tersebut dengan skala rating. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 60 responden dari konsumen yang berlangganan membeli furnitur yaitu furniture Olympic. Teknik pengumpulan sampel pada penelitian ini yaitu Accidental Sampling. Software spss versi 22 digunakan untuk pengujian pengujian model penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah inovasi produk dan intensitas komunikasi word of mouth tidak berpengaruh positif dan signifikan negatif baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan positif secara parsial, tetapi tidak simultan terhadap keputusan pembelian produk furniture Olympic.

References

Amelia Almira dan J.E. Sutanto. 2018. “Pengaruh Inovasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob.” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 3, Nomor 2, Juni, 250-259.

Auliannisa Gifani, Syahputra. 2017. “Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom.” Bisnis dan Iptek Vol.10, No. 2, Oktober, 81-94.

Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Sasmito, W.T.H.C., Gunawan, C.I. dan Yulita, Y. (2021). Management of Handcraft MSME Sector Policy During the Covid-19. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 25(1), 38-46.

Satrio, A.B. (2021). Asymmetric Information and Firm Value During Pandemic COVID-19. Economics Business and Organization Research, 3(1), 27-43.

Siam, S.T., Shaari, J.A.N dan Heriyadi. (2022). The Relationship of Organizational Competition Orientation, Marketing Capability and Customer Networks in Achieving Seller Achievement. European Journal of Business and Management Research, 7(2), 168-175.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles