Pengaruh Brand Equity, Harga Kompetitif, dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Unicharm pada CV Indo Prima di Pontianak

Authors

  • Ryan Benz Susanto Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Masalah penelitian mengenai volume penjualan produk Unicharm studi kasus CV Indo Prima di Pontianak suatu hal yang penting untuk diatasi melalui bagaimana meningkatkan keputusan pembelian pelanggan menjual produk Unicharm dengan variabel pendukung brand equity, harga kompetitif, dan daya tarik promosi.Tujuan penelitian untuk menguji dampakbrand equity terhadap keputusan pembelian, melihat pengaruh harga kompetitif terhadap keputusan pembelian, dan memahami pengaruh daya tarik promositerhadap keputusan pembelian. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dan menyebarkan kuesioner. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode Sensus. Populasi dalam penelitian ini adalah 102 outlet berdasarkan dari tahun 2018. Sampel sebanyak 102 dari jumlah populasi yang dipakai. Adapun kesimpulan yang dapat dikemukakan oleh penulis adalah Brand equtiy tidak memilki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Unicharm pada CV. Indo Prima di Pontianak. Namun dari pengujian serentak (F) variabel brand equity memiliki pengaruh yang positif signifkan terhadap keputusan pembelian. Harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Unicharm pada CV. Indo Prima di Pontianak. Daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Unicharm pada CV. Indo Prima di Pontianak. Saran yang dapat dikemukakan oleh penulis adalah perusahaan harus memperhatikan variabel harga kompetitif dan daya tarik promosi bilamana supaya keputusan pembelian dapat terpenuhi dan akan berdampak pada peningkatan keputusan pembelian.

References

Chang, William. Metodologi Penulisan Ilmiah. Jakarta: Erlangga, 2014.

Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen,edisi kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2006.

Ferrinadewi, Erna. Merek & Psikologi Konsumen, edisi pertama, cetakan pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Heng, L., Ferdinand, A.T., Afifah, N., dan Ramadania. (2020). Service Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: An SDL Perspectives. Business: Theory and Practice, 21(2), 623-632.

Mandey, Jilly Bernadette. “Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild.” Jurnal EMBA, vol. 1, no. 4, Desember 2013, hal. 95-104.

Downloads

Published

2021-03-31

Issue

Section

Articles