Analisis Kualitas Hubungan dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Menjadi Anggota Tetap pada CU Khatulistiwa Bakti KP Kota Baru di Pontianak

Authors

  • Silfester Romy Firsandi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar pengaruh dari kualitas hubungan dan nilai pelanggan terhadap keputusan menjadi anggota tetap pada CU Khatulistiwa Bakti KP Kota Baru. Metode pengumpulan yang digunakan untuk mendukung penelitian kali ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Accidental sampling. Data yang didapatkan oleh peneliti lalu diproses menggunakan bantuan program SPSS 22.00 (Statistical Package for Social Science) pada komputer. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas hubungan dan nilai pelanggan yang diterapkan pada perusahaan sudah baik karena sebagian responden telah menyatakan setuju. Secara bersamaan, dapat dikatakan bahwa variabel kualitas hubungan dan nilai pelanggan mempengaruhi keputusan menjadi anggota tetap. Dari hasil uji F, dapat disimpulkan bahwa pada penelitian kali ini, hipotesis yang diambil oleh peneliti adalah dengan menerima H1 dan H2. Dari hasil analisa dapat dilihat bahwa kualitas hubungan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menjadi anggota tetap, selain itu nilai pelanggan juga memiliki pengaruh terhadap keputusan menjadi anggota tetap.

References

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Buchari. 2001. Kebisingan Industri dan Hearing Conservation Program, Repository USU,

Gaffar, Vanessa. 2007. Costumer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung: Alfabeta.

Hiong, L.S., Ferdinand, A.T., dan Listiana, E. (2020). Techno-resonance Innovation Capability for Enhancing Marketing Performance: A Perspective of RA-Theory. Jurnal Business: Theory and Practice, 21(1), 329-339.

Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. 2006. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Downloads

Published

2023-07-19

Issue

Section

Articles