Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kepercayaan Merek terhadap Keputusan Pembelian Ban dalam Mobil Merek Grand Prix pada CV Trijaya Sukses di Pontianak

Authors

  • Mona Veronica Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kepercayaan merek terhadap keputusan pembelian ban dalam mobil merek Grand Prix pada CV Trijaya Sukses di Pontianak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kausalitas. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen CV Trijaya Sukses di Pontianak. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode Accidental Sampling dengan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan atau semua konsumen yang melakukan pembelian langsung dan jumlah sampel sebanyak 120 responden. Pada penelitian ini, penulis menggunakan skala rating, data yang diperoleh dari skala rating berupa angka kemudian dianalisis dalam pengertian kualitatif, dan untuk analisis Kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 22, yaitu melakukan uji Validitas, uji Realibilitas, uji Asumsi Klasik, uji Koefisien Determinasi (R2), uji Korelasi, analisis Regresi Linear Berganda, uji F, dan uji t. Dari hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa variabel kualitas produk dan kepercayaan merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

References

Assuari, Sofjan. 2011. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Delgado, E., Munuera J. 2005. “Does brand trust matter to brand equity?”. Journal of Product and Brand Management, Vol; 14(3): 187-96.

Ferrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Luarn, Pin and Hsin-Hiu Lin. 2013. A Customer Loyality Model For E-Service Context, Journal Of Electronic Commerce, Vol.4, pp. 156-168.

Morrisan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhtarom, Abid dan Prayitno, Hari, Dwi. 2018. Determinasi Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Harga, Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Cabang PT. Surganya Motor Indonesia (Planet Ban) Gresik. Jurnal EKSBIS, Vol XIX, No. 1.

Yulita, Y. dan Gunawan, C.I. (2019). Model Strategi Manajemen Kebijakan Publik Sektor Pasar Tradisional untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat. Referensi: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 7(1), 37-45.

Downloads

Published

2020-09-30

Issue

Section

Articles