Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Promosi dan Atribut Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk pada Kaisar Siantan di Pontianak

Authors

  • Mary Kristi Galih Pratiwi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma

Abstract

Dalam kegiatan berbelanja untuk memutuskan pembelian atau tidaknya suatu produk, konsumen dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya, harga yang terjangkau, bersaing, kegiatan promosi produk yang menarik perhatian kosumen, serta atribut-atribut yang melekat pada produk yang ditawarkan. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui ada tidaknya pengaruh serta seberapa besar pengaruh dan tingkat signifikansi dari harga kompetitif, daya tarik promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian produk. Populasi yang dipilih adalah seluruh konsumen yang tinggal dikawasan dekat Kaisar Siantan dan melakukan pembelian produk pada Kaisar Siantan di Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak seratus orang sebagai responden. Teknik yang digunakan dalam penentuan jumlah sampel adalah teknik accidental sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik, yakni SPSS versi 22. hasil pengujian yang dilakukan menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel harga kompetitif dan daya tarik promosi dinyatakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, namun untuk variabel atribut produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles