Pengaruh Harga Kompetitif, Keunggulan Bersaing Dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Laundry Kota Pontianak

Penulis

  • Vania Elvina Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Laundry di kota Pontianak, (2) Untuk mengetahui pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Laundry di kota Pontianak, (3) Untuk mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Laundry di kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Analisis data dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara harga kompetitif terhadap kinerja pemasaran, selanjutnya tidak ada pengaruh yang signifikan antara keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran.  Penulis menyarankan kepada para pelaku usaha umkm laundry di kota Pontianak untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan strategi dalam harga kompetitif, keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan yang dimiliki agar dapat meningkatkan kinerja pemasaran sehingga memperoleh hasil kinerja penjualan yang baik.

Diterbitkan

2025-04-14

Terbitan

Bagian

Articles