Pengaruh Kualitas Produk, Word Of Mouth Dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Pada Cu Canaga Antutn Di Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang

Penulis

  • Bonifasius Komeng Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, word of mouth dan kepercayaan terhadap  minat menabung pada CU Canaga Antutn Di Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang. Bentuk penelitian adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota CU Canaga Antutn di Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang dengan jumlah sampel 120 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 23. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, word of mouth dan kepercayaan berpengaruh terhadap  minat menabung. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa word of mouth dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung.

Diterbitkan

2025-04-14

Terbitan

Bagian

Articles