Analisis Citra Perusahaan Dan Kinerja Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Penggunaan Jasa Transportasi Perum Damri Cabang Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan dan kinerja pelayanan terhadap keputusan konsumen penggunaan jasa transportasi Perum Damri Cabang Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan jasa transportasi dan tidak diketahui pulih pastinya. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS versi 22. Hasil pengujian menunjukkan bahwa citra perusahaan dan kinerja pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun penulis menyarankan kepada penyedia jasa transportasi agar citra perusahaan pada jasa transportasi sebaiknya perusahaan harus memiliki fasilitas layanan yang terbaik, dekat dengan fasilitas umum dan ramah terhadap para konsumen. Selanjutnya pada kinerja pelayanan agar dapat melayani dengan ramah kepada konsumen, selalu menjaga kualitas dalam melakuakan pelayanan, dan cepat tanggap ke para konsumen.