Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Daya Tarik Promosi, Dan Nilai Pelanggan Pada Keputusan Menjadi Anggota Credit Union Khatulistiwa Bakti Senakin Kabupaten Landak

Authors

  • Ria Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Layanan, Daya Tarik Promosi dan Nilai Pelanggan pada Keputusan Menjadi Anggota. Pengujian ini dilakukan pada CU Khatulistiwa Bakti Senakin berdasarkan metode accidental sampling dengan kriteria perusahaan yang menerbitkan laporan keuangan sebelum tahun 2015 dan perusahaan sudah berdiri lebih dari lima tahun. Penelitian ini menggunakan software Statistical Product and Service Solutions (SPSS versi 25) untuk melakukan pengujian statistik deskriptif, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian harga kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota, sedangkan daya tarik promosi dan nilai pelanggan berpengaruh positif terhadap keputusan menjadi anggota. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar penelitian selanjutnya diharapkan dapat dipertimbangkan variabel independen lainnya agar dapat diperoleh prediktor yang lebih baik dan mengubah objek penelitian agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik.

References

Budi, H.S., & Winata, A. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Hostel Harion Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, 4(1), 65-69.

Dewa, N.K. (2009). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Promosi, dan Harga Terhadap Minat Beli (Studi Kasus Starone di Jakarta Pusat). Tesis Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Minggu, Rahmadhani, M.V., & Siswandi (2020). Pengaruh Nilai Pelanggan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pemilihan Pendidikan Kampus Berbasis Vokasi. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 88-97.

Pristanto, Y., Wahyuni, S., & Handini, Y.D (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menginap Pada Hotel Bintang Mulia Jember dalam Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa 2012, I (1), 1-6.

Santoso. I (2016). Peran Kualitas Produk dan Layanan, Harga dan Atmosfer Rumah Makan Cepat Saji terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Manajemen Teknologi , 15(1), 2016, 94-109.

Sutopo, Oceani. (2017). Analisis Pengaruh Citra Merek, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Minat Beli Ulang Pelanggan Tupperware di Magelang. Diponegoro Journal Of Management, 6(1), 1-13.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles