Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Daya Tarik Lokasi Dan Inovasi Layanan Terhadap Minat Menjadi Anggota Pada Credit Union Keling Kumang Branch Office Sekadau

Authors

  • Manha Marsella Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk mengetahui pengaruh citra perusahaan, daya tarik lokasi dan inovasi layanan terhadap minat menjadi anggota. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas dan deskriptif yang di mana dengan metode ini penulis akan mencari pengaruh atau sebab akibat antar variabel. Objek penelitiannya adalah Credit Union Keling Kumang Branch Office Sekadau. Teknik analisis statistic dengan bantuan SPSS versi 22 dengan pengujian validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis korelasi dan koefisien determinasi, uji F dan uji t. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara dengan populasi sebanyak 12.242 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 160 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Responden yang mengisi kuesioner memiliki karakteristik responden berupa usia, jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan responden. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa variabel citra perusahaan, daya tarik lokasi dan inovasi layanan berpengaruh secara signifikan terhadap minat menjadi anggota.

References

Fahrudin, F. M. & Yulianti. E. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking, 5(1), 149-162.

Fahrudin, M. F., & Yulianti, E. (2015). Pengaruh Promosi, Lokasi, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian Nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business and Banking. 5(1), 149-162.

Fauzy, S. D. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Nasabah Pada Bank Nagari Cabang Jakarta. Ikraith-Humaniora, 3(1), 97-106.

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen: Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Maitimu, L. S. (2017). Ladang Emas: Bagaimana Menentukan Lokasi Bisnis Yang Tepat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mardikawati, Woro dan Naili Farida. 2013. Pengaruh Nilai Pelanggan Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi (Studi PO Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 2(1), 64-75.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles