Analisis Pengaruh Harga Kompetitif, Daya Tarik Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pda Toko Swalayan Garuda Mitra Di Pontianak

Authors

  • Aggerinosius Kalvin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Toko Swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah berbelanja di Toko Swalayan Garuda Mitra Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik insidental sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 22. Hasil pengujian menunjukkan harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,376 yang menunjukkan pengaruh harga kompetitif, daya tarik promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian sebesar 37,60 persen.

References

Gunawan & Siam, S.T. (2024). The Mediating Role of Marketing Capabilities in the Influence of Managerial Capabilities on Sales Force Performance. FIRM Journal of Management Studies, 9(1), 30-48.

Kurniasari, Nova Dhita dan Santoso, Suryono Budi. 2013. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Waroeng Steak & Shake Cabang)”. Semarang : Universitas Diponegoro, vol. 2.

Lupiyoadi, (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.

Moeheriono. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompensasi. Jakarta : Rajawali Pers, 2012.

Nugraha, Fadila Putri dan Daoed, T. Syahril.2019. “Analisis Pengaruh Citra Merek dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda CBR 150 R Pada PT. Indako Trading CO Cabang Jl. Makmur Medan”. Jurnal Bisnis Corporate :Vol. 4 No. 2.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles