Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan, Faktor Lokasi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Citra Niaga Di Pontianak

Authors

  • Maria Widia Gevani Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja pelayanan, faktor lokasi dan nilai pelanggan terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen Swalayan Citra Niaga Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, kuesioner dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 25. Hasil pengujian kinerja pelayanan, faktor lokasi dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,663 yang menunjukkan pengaruh kinerja pelayanan, faktor lokasi dan nilai pelanggan terhadap keputusan menginap sebesar 66,30 persen.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles