Pengaruh Kepemimpinan, Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Grand Mahkota Hotel Pontianak

Authors

  • Dodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh kepemimpinan, komunikasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan alat analisis Program Statistical Product And Services Solution (SPSS) versi 25. Teknis analisis dan pengujian data yang digunakan yaitu alat ukur skala likert, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas, statistik deskriptif, uji hipotesis analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi R², uji F dan uji T. Hasil penelitian diperoleh dari nilai koefisien korelasi sebesar 0,252 yang berarti terdapat hubungan yang kuat dengan nilai R Square sebesar 25,2 persen. Penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan, komunikasi, dan lingkungan kerja berpengaruh pada kinerja karyawan.

References

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Sedarmayanti. (2011). Tata kerja dan produktivitas kerja. CV Mandar Maju. Edisi Ketiga. Bandung.

Tannady, H. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Cet. Kel-1. Yogyakarta.

Wijaya, C. (2017). Perilaku Organisasi. Penerbit Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Jl. Seser Komplek Citra Mulia Blok D. Medan.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles