Pengaruh Diferensiasi Produk Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada KSP CU Pancur Kasih TP Seluas

Authors

  • Trinov Tiandra Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk membangun sebuah model konseptual untuk meneliti bagaimana hubungan variabel diferensiasi produk dan word of mouth dalam meningkatkan keputusan menjadi anggota pada KSP CU Pancur Kasih TP Seluas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dan teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua anggota pada KSP CU Pancur Kasih TP Seluas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah anggota KSP CU Pancur Kasih TP Seluas yang memiliki simpanan Saaleatn yang berjumlah 119 sampel Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rentang (rating scale). Penelitian analisis yang digunakan adalah analisis faktor dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diferensiasi produk dan word of mouth berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota pada KSP CU Pancur Kasih TP Seluas secara positif dan signifikan. Penelitian ini menemukan bahwa diferensiasi produk dan word of mouth harus dipertahankan dan ditingkatkan agar dapat meningkatkan keputusan menjadi anggota pada KSP CU Pancur Kasih TP Seluas menjadi lebih baik lagi.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles