Analisis Pengaruh Disiplin Kerja Dan Pelatihan Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. BPR Centradana Kapuas Pontianak

Authors

  • Marselino Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan pelatihan terhadap produktivitas kerja pada PT BPR Centradana Kapuas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode dalam pengambilan sampel ini adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak empat puluh enam responden karyawan di PT BPR Centradana Kapuas. Data yang didapatkan oleh peneliti lalu diproses menggunakan program Statistical Product and Service Solutions versi 22 (SPSS 22). Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas,  uji F, uji determinasi (R2), uji regresi linear berganda dan uji t. Hasil dari uji t menyatakan bahwa disiplin kerja dan pelatihan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT BPR Centradana Kapuas. Kemudian pada uji koefisien determinasi (R2) dengan memperoleh koefisien determinasi sebesar 0,888 , yang berati pengaruh disiplin kerja dan pelatihan terhadap produktivitas kerja adalah sebesar sebesar 88,80 persen. Sedangkan sisanya sebesar 11,20 persen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang mempengaruhi produktivitas kerja karyawan PT BPR Centradana Kapuas.

References

Ferdinan, Agusty. Metode Penelitian Manajemen, Edisi 5. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.

Gde Ady Wiadnyana, Dewa, Gama, Gede dan Agus Eka Rismawan, Putu. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kedisiplinan Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Gianyar” Jurnal Emas.vol. 2, no. 2.

Krisdayanti & Lianto. (2023). The Evolution of Work-Life Balance: The Workplace Hopes and Challenges for Generation Z. SEIKO: Journal of Management & Business, 6(2), 245-256.

Sanusi, Anwar. Metodoogi Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi Cet. 26. Jakarta: Alfabet, 2017.

Sujarweni, V. Wiratna dan Endrayanto, Poly. Statistika untuk Penilitian, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.

Wahyuningsih, Sri. 2019. “Pengaruh Pelatihan Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan” Jurnal Warta. Edisi. 60.

Published

2024-05-14

Issue

Section

Articles