FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TRUK MEREK ISUZU PADA PT BORNEO AUTO CEMERLANG DI PONTIANAK

Authors

  • David Yulianus Pribadi

Abstract

enelitian bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemasaran yang diterapkan pada PT Borneo Auto Cemerlang di Pontianak dan faktor–faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian yang meliputi faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, faktor psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumenter. Sampel yang diteliti adalah seratus  orang responden dengan ketentuan kriteria setiap responden pernah membeli truk Isuzu di PT. Borneo Auto Cemerlang di Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan Skala Likert dan SPSS. Kesimpulan penelitian ini berdasarkan hasil uji F, faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk. Berdasarkan hasil uji t adalah hanya faktor budaya, faktor sosial dan faktor psikologi berpengaruh signifikan terhadap minat mengunjungi kembali, sedangkan faktor pribadi tidak berpengaruh signifikan.

Downloads

Published

2017-03-21

Issue

Section

Articles