KEBIJAKAN KUALITAS PELAYANAN JASA KREDIT PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TP RUMAH PUNYUNG SINTANG

Authors

  • Yanti Yanti

Abstract

Dalam rangka meningkatkan perekonomian, Credit Union telah hadir dan bekerjasama dengan pemerintah untuk menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan anggota Credit Union pada khususnya.Alasan dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan jasa kredit yang dilakukan oleh Credit Union Keling Kumang TP Rumah Punyung Sintang.Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Penulis mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan studi dokumenter.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota peminjam Credit Union Keling Kumang TP Rumah Punyung Sintang yang berjumlah 4.480 orang yang sekaligus merupakan sampel dalam penelitian.Alat analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kebijakan kredit yang dilakukan CU Keling Kumang TP Rumah Punyung Sintang sesuai dengan pola kebijakan Pengurus (Poljak) yang dijalankan karyawansesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tanggapan karyawan dalam melayani keluhan anggota mengenai pinjaman masih kurang.Kepedulian dan kecepatan karyawan dalam memberikan solusi pinjaman bermasalahmasih lambat. Saran-saran yang dapat penulis berikan adalah Credit Union Keling Kumang TP Rumah Punyung Sintang diharapkan harus lebih tanggap dan memperhatikan dalam melayani keluhan anggota, karyawan diharapkan lebih meningkatkan kecepatan dalam memberikan solusi atas pinjaman bermasalah.

Downloads

Published

2016-07-18

Issue

Section

Articles