PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PADA CREDIT UNION KELING KUMANG TEMPAT PELAYANAN DI MUKOK KECAMATAN MUKOK KABUPATEN SANGGAU

Authors

  • Yohanes Iit

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian anggota terhadap tingkat layanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Agar dapat bersaing, bertahan hidup, serta berkembang maka Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan di Mukok Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau dituntut harus mampu memberikan pelayanan yang berkualitas, kepuasan anggota menjadi salah satu tujuan bagi aktivitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pelayanan, tanggapan anggota terhadap kualitas pelayanan dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota pada Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan di Mukok Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, studi perpustakaan dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Credit Union Keling Kumang Tempat Pelayanan di Mukok Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Analisis data menggunakan analisis Regresi linier berganda yang dibantu dengan SPSS versi 17.00. Kesimpulan dari kelima dimensi pelayanan yang dilakukan terdapat nilai indeks tanggapan untuk masing dimensi yaitu, dimensi Keandalan memiliki nilai sebesar 2.011 atau 80,44 persen, Daya Tanggap memiliki nilai sebesar 2.043 atau 81,72 persen, Jaminan memiliki nilai sebesar 2.100 atau 84,00 persen, Empati memiliki nilai sebesar 2.091 atau 83,64 persen dan Berwujud memiliki nilai sebesar 1.926 atau 77,04 persen. Tampak dari kelima dimensi tersebut dimensi Jaminan memiliki nilai yang paling tinggi yaitu sebesar 2.100 atau 84,00 persen dan nilai terendah ada pada dimensi Berwujud dengan nilai 1.926 atau sebesar 77,04 persen. Saran Perlu meningkatkan kualitas pelayanan terutama yang menyangkut dimensi Berwujud, seperti membersihkan lingkungan kantor dan menyediakan grasi parkiran yang nyaman dan luas.

Downloads

Published

2016-07-18

Issue

Section

Articles