Analisis Pengaruh Variabel-variabel yang Menentukan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen
Studi Kasus UMKM Kuliner Jalan Imam Bonjol di Pontianak
Kata Kunci:
analisis keputusan pembelian, UMKM kulinerAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah membangun suatu model konseptual untuk meneliti bagaimana hubungan variabel inovasi produk, promosi kreatif dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM Kuliner di sepanjang Jalan Imam Bonjol di Kota Pontianak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linear berganda yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 25. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas dan autokorelasi), uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara inovasi produk, promosi kreatif dan diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian kecil.
Referensi
Akbar, S. et al. (2020). Dampak Promosi, Harga, dan Diferensiasi Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian, Jurnal Administrasi dan Manajemen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Respati Indonesia. Vol 10, No 2, 172-179.
Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 250-259.
Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2024). Berita Resmi Statistik. Pontianak: Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2024). Indeks Pembangunan Manusia Kalimantan Barat 2023. Pontianak: Badan Pusat Statistik.
Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2024). Berita Resmi Statistik. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.
Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 3(2), 140-153.
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.
Hajjar, S. et al (2023). Pengaruh Marketing mix dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Percetakan Paberta Jaya Padang. Matua Jurnal, 5(1), 8(2), 63-75.
Handayani, S. et al. (2023). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Aroma Lumajang. Jurnal Penelitian Ipteks, 8(1), 19-28.
Haryono, T., & Marniyati, S. (2017). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 17(2), 51-68.
Jamaludin et al. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).
Jauhari, I. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 226-237.
Kementerian Keuangan Republik Indonesia, (2024). Kajian Fiskal Regional Kalimantan Barat Triwulan III 2024.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kotler, P. & Keller, K. L.. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.
Mahendra, S. et al. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Penelitian Konsumen pada Roemah Bata Café & Resto Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (Jimbi), 2(2), 161-166.
Maksum, M., & Satrio, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Wingstop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(12).
Pradwika, D. F., & Hadi, S. P. (2018). Pengaruh Promosi Kreatif dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen E-Commerce Zalora. Co. Id (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 1-8.
Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 67-81.
Ramdani, S. et al.(2021). Minat Beli Berdasarkan Creative Promotion dan Inovasi Produk. Budgeting: Journal of Business, Management and Accounting, 2(2), 462-469.
Rusdian, S. & Hildayani, N. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Roseberry Cake Shop Garut). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8 (1), 132-140.
Silaban, S. E. et al. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 209-228.
Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.
Tehuayo, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69-88.