Analisis Pengaruh Variabel-variabel yang Menentukan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Studi Kasus UMKM Kuliner Jalan Imam Bonjol di Pontianak

Authors

  • Andry Lindi Lim Universitas Widya Dharma Pontianak-Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Analysis of Purchasing Decisions for Culinary UMKM

Abstract

The purpose of this study is to build a conceptual model to examine how the relationship between product innovation variables, creative promotion and product differentiation to purchasing decisions. The research method used in this study is a quantitative method. The population in this study is Culinary UMKM along Imam Bonjol Street in Pontianak City. The data collection technique used was a questionnaire and interview. The sampling technique used purposive sampling and the number of samples taken was 100 respondents. The data analysis technique used quantitative data analysis and used rating scale measurements. The analysis method used in this study is the multiple linear regression method processed by computer using the SPSS version 25 program. Data testing was carried out with validity tests, reliability tests, classical assumption tests (normality, multicollinearity, heteroscedasticity and autocorrelation), correlation tests, determination coefficient tests, multiple linear regression tests, F tests and t tests. The results showed that there was a positive and significant influence between product innovation, creative promotion and product differentiation on small purchasing decisions.

References

Akbar, S. et al. (2020). Dampak Promosi, Harga, dan Diferensiasi Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian, Jurnal Administrasi dan Manajemen, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Respati Indonesia. Vol 10, No 2, 172-179.

Almira, A., & Sutanto, J. E. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Maison Nob. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 3(2), 250-259.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2024). Berita Resmi Statistik. Pontianak: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Barat. (2024). Indeks Pembangunan Manusia Kalimantan Barat 2023. Pontianak: Badan Pusat Statistik.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. (2024). Berita Resmi Statistik. Jakarta Pusat: Badan Pusat Statistik.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen), 3(2), 140-153.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hajjar, S. et al (2023). Pengaruh Marketing mix dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Percetakan Paberta Jaya Padang. Matua Jurnal, 5(1), 8(2), 63-75.

Handayani, S. et al. (2023). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk UMKM Aroma Lumajang. Jurnal Penelitian Ipteks, 8(1), 19-28.

Haryono, T., & Marniyati, S. (2017). Pengaruh Market Orientation, Inovasi Produk, dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis Dalam Menciptakan Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis dan Manajemen (Journal of Business and Management), 17(2), 51-68.

https://ppid.ekon.go.id/id

https://www.sonora.id/read/423297363/wali-kota-edi-rusdi-kamtono-sebut-umkm-di-pontianak-berkembang-pesat

Jamaludin et al. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1).

Jauhari, I. (2020). Pengaruh Diferensiasi Produk, Ekuitas Merek dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Elektronik Korea Selatan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(3), 226-237.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia, (2024). Kajian Fiskal Regional Kalimantan Barat Triwulan III 2024.

Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. & Keller, K. L.. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Pearson Education.

Mahendra, S. et al. (2021). Pengaruh Inovasi Produk dan Lokasi Terhadap Keputusan Penelitian Konsumen pada Roemah Bata Café & Resto Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (Jimbi), 2(2), 161-166.

Maksum, M., & Satrio, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Wingstop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 7(12).

Pradwika, D. F., & Hadi, S. P. (2018). Pengaruh Promosi Kreatif dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Konsumen E-Commerce Zalora. Co. Id (Studi Kasus Pada Konsumen Di Kota Jakarta). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 1-8.

Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 67-81.

Ramdani, S. et al.(2021). Minat Beli Berdasarkan Creative Promotion dan Inovasi Produk. Budgeting: Journal of Business, Management and Accounting, 2(2), 462-469.

Rusdian, S. & Hildayani, N. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Roseberry Cake Shop Garut). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8 (1), 132-140.

Silaban, S. E. et al. (2019). Pengaruh Promosi, Harga dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Kentucky Fried Chicken (KFC) Simpang Mataram Medan. Jurnal Riset Akuntansi & Keuangan, 209-228.

Tanjung, A. (2020). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, 5(03), 1-18.

Tehuayo, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk, Inovasi Produk, dan Iklan terhadap Loyalitas Konsumen Shampo Sunsilk di Kota Ambon. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(2), 69-88.

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles