Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kasur Springbed Merk Dreamline pada CV Artha Jaya Furindo di Kubu Raya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian kasur springbed merk Dreamline pada CV Artha Jaya Furindo di Kubu raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah wawancara, observasi dan kuesioner dengan Populasi dalam penelitian ini adalah semua responden yang pernah membeli kasur springbed merk Dreamline pada perusahaan dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hasil pengujian uji F dan uji t bahwa variabel kualitas produk dan variabel kualitas pelayanan mempengaruhi variabel keputusan pembelian kasur springbed merk Dreamline pada CV Artha Jaya Furindo di Kubu raya. Adapun saran-saran yang dapat diusulkan yaitu Pihak CV Artha Jaya Furindo perlu memperhatikan kualitas produk dengan lebih baik lagi, membuat inovasi baru untuk produk-produk lain yang akan di pasarkan kepasar, serta mengenalkan dan meyakinkan konsumen akan kualitas produk yang terbaik dari kasur springbed merk Dreamline serta perlu meningkatkan dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen, sehingga konsumen yang membeli akan merasakan kenyamanan dan pelayanan terbaik yang diberikan oleh CV Artha Jaya Furindo di Kubu raya.
References
Ferdinand, Augusty. Metode Penelitian Manajemen. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.
Handoko, T. Hani. Manajemen Personalia Sumber Daya Manusia, Edisi Kedua, Yogyakarta : BPFE, 2008.
Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
Heng, L. dan Afifah, N. (2020). Entrepreneurial Orientation for Enhancement of Marketing Performance. International Review of Management and Marketing, 10(3), 46-53.
Jackson R.S. Weenas. “ Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta". Jurnal EMBA,Vol.1 No 4, 2013, hal. 607-618.