PERANCANGAN APLIKASI PEMESANAN TIKET BUS ONLINE PADA PT REHOBOT BETHANIA TRANS

Penulis

  • Tony Darmanto Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Kartono Kartono Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Welly Wiranatha

Abstrak

PT Rehobot Bethania Trans Pontianak adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang transportasi umum. Dengan sistem pembelian tiket masih secara manual dan belum terkumputerisasi sehingga pihak perusahaan kadang-kadang lupa mencatat nama pemesan tket, hal ini membuat pihak perusahaan mengalami kesulitan dalam mencatat data setiap calon penumpang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode analisis kualitatif. Metode analisis kualitatif yaitu melakukan pengumpulan data baik melalui observasi dan wawancara yang kemudian digunakan sebagai gambaran perancangan aplikasi. Sedangkan untuk perancangan aplikasi penulis menggunakan bahasa pemprograman PHP dan database MySQL. Pada tahap perancangan sistem penulis menggunakan Unified Modeling Language (UML), dimana uml ini adalah bahasa pemodelan standar yang terdiri dari serangkaian diagram yang terintegrasi, sedangkan untuk pemodelan aplikasi penulis menggunakan beberapa diagram yaitu use case diagram, activity diagram, Sekuensial diagram dan class diagram. Sedangakan untuk metode penelitian yang digunakan selama penelitian adalah metode waterfall yaitu pembuatan situs web secara terstruktur dan berurutan mulai dari analisis sistem, desain aplikasi, pengkodean sampai pada tahap pengujian serta melakukan normalisasi. Dengan demikian pelanggan tidak mengalami kesulitan ketika ingin melakukan pemesanan tiket secara online. Kesimpulan yang didapat penulis adalah aplikasi ini dapat menampilkan login, register, pemesanan tiket, pembayaran tiket, melihat jadwal keberangkatan, status pesanan dan konfirmasi pembayaran.

 

Kata kunci: Aplikasi, Pemesanan, Online, Waterfall

Diterbitkan

2023-05-20

Terbitan

Bagian

Articles