Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Barang Konsumen Primer Di Bursa Efek Indonesia

Penulis

  • Prety Sinta Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian berjumlah 111 yang terdiri dari perusahaan sektor barang konsumen primer yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017 sampai dengan 2021. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 61 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yang diperoleh adalah struktur modal dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan sedangkan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sektor barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan, selanjutnya dapat diperoleh keterbatasan penelitian sebagai berikut objek penelitian terbatas pada perusahaan sektor barang konsumen primer yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan periode yang dikaji dari tahun 2017 sampai dengan 2021 dalam periode 5 tahun dan nilai Adjusted R Square yang relatif rendah yakni sebesar 26 persen sehingga kemampuan variabel independen maupun variabel dependen pada penelitian ini masih sangat terbatas dalam menjelaskan nilai perusahaan. Dari hasil penelitian tersebut penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya menggunakan variabel yang berbeda dan menggunakan sektor lain untuk memperoleh hasil yang lebih bervariasi.

Referensi

Andre & Satrio, A.B. (2024). Informal Funding: Is it Attractive for the Public? Australian Academy of Accounting and Finance Review, 6(1), 98-104.

Suwardika, I.N.A & Mustanda, I.K. (2017). Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol 6 (3).

Zutami, D. D., Romli, H., & Marnisah, L. (2021). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Pertumbuhan Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia LQ45). Integritas Jurnal Manajemen Profesional (IJMPro), 71-82.

Mangondu, R., & Diantimala, Y. (2016). Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dan Kinerja Perusahaan Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 62-69.

Diterbitkan

2024-05-13

Terbitan

Bagian

Articles