Analisis Pengaruh Orientasi Pelanggan, Harga Kompetitif Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Pelanggan, Harga Kompetitif dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk eksplanatif dengan teknik pengumpulan data yaitu penyebaran kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling dengan sampel berjumlah 120 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif dengan menggunakan bantuan alat pengelola Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil pengujian data dapat diambil suatu kesimpulan bahwa hasil pengujian model (uji F) menunjukkan bahwa variabel Orientasi Pelanggan, Harga Kompetitif dan Inovasi Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Kinerja Pemasaran.