Pengaruh Orientasi Pesaing, Keunggulan Produk Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pesaing, keunggulan produk dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Fashion di Kota Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 105 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kueantitatif dan menggunakan pengukuran skala rating. Untuk mengelola data pada penelitian ini menggunakan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa variabel orientasi pesaing, keunggulan produk dan daya tarik promosi yang diuji menggunakan uji korelasi, uji regresi linear berganda, uji F, dan uji t memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kinerja pemasaran.