Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Promosi, Dan Kinerja Layanan Terhadap Keputusan Menginap Pada Grand Mahkota Hotel Pontianak.

Penulis

  • Maria Lustati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar signifikan pengaruh dari brand image, daya tarik promosi, kinerja layanan terhadap keputusan menginap. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian jenis explanatif atau eksplanatori dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, penyebaran, observasi. Populasi yang digunakan adalah para pengunjung Grand Mahkota Hotel Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak seratus dua puluh responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan bantuan program olahan data statistik yaitu Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 25. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, dan heterokedastisitas), uji autokorelasi, analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa brand image dan kinerja layanan berpengaruh secara signifikan, dan pada variabel daya tarik promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menginap.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles