Analisis Pengaruh Brand Trust, Harga Kompetitif Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Aerox Di Dunia Jaya Motor Pontianak

Penulis

  • Frenky Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand trust,harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor merek aerox di dunia jaya motor Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di PT. Dunia Jaya Motor Pontianak yang tidak diketahui jumlahnya dan penentuan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Bentuk penelitian adalah bentuk penelitian kausalitas dengan teknik pengumpulan data menggunakan cara menyebarkan kuisioner. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode rating scale yang diolah dengan komputer menggunakan program SPSS versi 25. Pengujian data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, dan autokorelasi), uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil pengujian (Uji F) menunjukkan bahwa variabel brand trust, harga kompetitif dan daya tarik promosi terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (Uji t) menunjukkan bahwa brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles