Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Keunggulan Bersaing, Dan Harga Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Coffee Shop Di Pontianak
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan daya tarik lokasi, keunggulan bersaing, dan harga kompetitif dalam peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM sektor coffee shop di Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha coffee shop di Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 83 responden dengan teknik sensus. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program komputer IBM SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25. Penelitian ini menunjukan bahwa variabel daya tarik lokasi, keunggulan bersaing, dan harga kompetitif berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Hasil pengujian (uji F) dan (uji t) menunjukan bahwa daya tarik lokasi, keunggulan bersaing, dan harga kompetitif berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.