Analisis Pengaruh Orientasi Pesaing, Orientasi Pelanggan Dan Kapabilitas Inovasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pesaing, orientasi pelanggan dan kapabilitas inovasi terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM kerajinan tangan di kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan bentuk kausalitas dengan teknik pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Sampling Jenuh (Sensus) dengan jumlah sampel sebanyak 65 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan rating scale dengan bantuan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) dinyatakan valid. Hasil uji t menunjukkan bahwa: (1) orientasi pesaing tidak memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di kota Pontianak. (2) orientasi pelanggan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di kota Pontianak. (3) kapabilitas inovasi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap peningkatan kinerja pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di kota Pontianak.