Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Hubungan Pelanggan, Dan Atmosphere Hotel Terhadap Keputusan Menginap

Penulis

  • Juniarti Alda Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari Citra Perusahaan, Kualitas Hubungan Pelanggan dan Atmosphere Hotel terhadap Keputusan Menginap di Hotel Aston Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah para tamu atau pelanggan yang menginap dan pernah menginap di Hotel Aston Pontianak dan sampel sebanyak 165 responden dengan metode penarikan sampel yaitu accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel indenpenden dan dependen dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 23. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel citra perusahaan, kualitas hubungan pelanggan, dan atmosphere hotel memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel keputusan menginap. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel kualitas hubungan pelanggan, dan atmosphere hotel memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tetapi variabel citra perusahaan tidak memiliki peengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan menginap.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles