Analisis Pengaruh Brand Image, Daya Tarik Promosi, Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Jual Minuman Coca Cola Pada PT Cipta Tirta Alami Pontianak

Penulis

  • Wanly Candra Prgram Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan jual minuman Coca Cola pada PT Cipta Tirta Alami Pontianak, (2) Untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi terhadap keputusan jual minuman Coca Cola pada PT Cipta Tirta Alami Pontianak, (3) Untuk mengetahui pengaruh harga kompetitif terhadap keputusan jual minuman Coca Cola pada PT Cipta Tirta Alami Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang mengambil produk Coca Cola dengan PT Cipta Tirta Alami Pontianak. Penentuan sampel ini menggunakan purposive sampling dengan total sampel sebanyak 115 responden. Analisis data yang digunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan brand image berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan jual, daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan jual, dan harga kompetitif berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan jual. Penelitian ini hanya menggunakan tiga variabel yang diprediksi dapat mempengaruhi keputusan pembelian yaitu brand image, daya tarik promosi, dan harga jual. Peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk meningkatkan pengenalan produk minuman Coca Cola serta mempertahankan promosi yang menarik dan harga jual yang bersaing agar menjadi lebih baik.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles