Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Keunggulan Produk, Dan Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai pelanggan, keunggulan produk, dan orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Sampel yang peneliti gunakan dengan metode purposive sampling dimana tidak semua populasi merupakan sampel, tetapi sampel yang diambil didasarkan kriteria-kriteria dan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 150 responden. Peneliti menggunakan bantuan program Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 24. Hasil pengujian yang dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas menunjukkan bahwa semua instrumen pada variabel independen (X) dan variabel dependen (Y) dinyatakan valid. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa adanya pengaruh nilai pelanggan, keunggulan produk, dan orientasi pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran.