Pengaruh Daya Tarik Promosi, Orientasi Pelanggan Dan Brand Image Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Bidang Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak

Penulis

  • Elena Ridwan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang makanan dan minuman di kota Pontianak. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh orientasi pelanggan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang makanan dan minuman di kota Pontianak. (3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh brand image terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang makanan dan minuman di kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan Teknik rating scale dengan software Stastical Package for Social Sciences (SPSS) 25. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan daya tarik promosi, orientasi pelanggan dan brand image terhadap kinerja pemasaran pada UMKM bidang makanan dan minuman di kota Pontianak. Penulis menyarankan kepada UMKM di Kota Pontianak untuk dapat mempertahankan serta memperbaharui daya tarik promosi, orientasi pelanggan dan brand image agar UMKM di Kota Pontianak dapat menjadi lebih baik.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles