Analisis Pengaruh Daya Tarik Lokasi, Kualitas Produk, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Merek Bimoli Pada Swalayan Garuda Mitra Di Pontianak
Abstrak
Swalayan Garuda Mitra di Pontianak merupakan salah satu gerai ritel atau swalayan modern yang menjual kebutuhan konsumen sehari-hari. Sama hal dengan perusahaan penyedia gerai ritel lainnya, swalayan Garuda Mitra ini menyediakan berbagai produk dan jasa pelayanan kepada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik lokasi, kualitas produk, dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian minyak goreng merek Bimoli pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kausalitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kusioner dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian pada swalayan.Teknik pengambilan data sampel menggunakan purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 156 orang responden. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan menggunakan skala rentang (rating scale). Untuk mengolah data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa variabel daya tarik lokasi, kualitas produk, dan kelengkapan produk yang di uji menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji regresi berganda serta uji F dan uji T memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.