Analisis Pengaruh Kualitas Lini Produk, Brand Image, Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Garuda Mitra Di Pontianak

Penulis

  • Steven Ciu Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Perubahan preferensi belanja masyarakat yang bergeser dari format besar ke kecil menyebabkan banyak gerai ritel kekurangan intensitas belanja dari para konsumen. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel kinerja promosi online, daya tarik potongan harga dan kepercayaan konsumen dapat mendorong terjadi nya keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Tujuan dari terciptanya keputusan pembelian konsumen adalah untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan mencapai keuntungan maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian ini yang tidak diketahui jumlah pastinya. Untuk itu dengan teknik Multivariate telah ditentukan jumlah sampel 150 responden, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 24. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kualitas lini produk, brand image dan daya tarik promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa kualitas lini produk, brand image, dan daya tarik promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

 

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles