Analisis Pengaruh Kualitas Lini Produk, Nilai Pelanggan, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Citra Niaga Di Kota Pontianak

Penulis

  • Valen Marcos Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian dilakukan pada Swalayan Citra Niaga di Kota Pontianak, tujuan Penelitian ini adalah:

(1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Lini Produk terhadap Keputusan Pembelian pada swalayan. (2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian pada swalayan. (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada swalayan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori berbentuk asosiatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner langsung kepada konsumen sebanyak 120 kuesioner. Analisis data menggunakan teknik Rating scale skala nilai 1-10 dikombinasikan dengan dengan menggunakan metode Three-box method yang dimulai dari angka indeks 10 sampai 100 untuk analisis deskriptif. Software yang dipakai untuk mengelola data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kualitas Lini Produk, Nilai Pelanggan, dan Daya Tarik Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada swalayan. Penulis menyarankan kepada swalayan untuk dapat selalu mempertahankan dan meningkatkan Kualitas Lini Produk supaya lebih lengkap, Nilai Pelanggan yang lebih baik lagi dan Daya Tarik Promosi yang harus lebih baik agar swalayan dapat menjadi tempat yang disukai oleh konsumen.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles