Analisis Pengaruh Citra Perusahaan, Customer Value Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Menabung Pada Credit Union (CU) Khatulistiwa Bakti Cabang Batang Tarang
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah citra perusahaan, customer value dan daya tarik promosi berpengaruh terhadap minat menabung pada Credit Union (CU) Khatulistiwa Bakti Cabang Batang Tarang. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatif dengan pendekatan asosiatif dan penarikan sampel menggunakan multivariate sampling. Populasi dalam penelitan ini adalah anggota CU Khatulistiwa Bakti Cabang Batang Tarang yang aktif menabung selama 3 tahun. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 160 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara dengan bantuan software SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 26. Pengujian data variabel dalam penelitian ini dilakukan melalui pengujian uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, analisis regresi linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa citra perusahaan dan daya tarik promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung pada Credit Union (CU) Khatulistiwa Bakti Cabang Batang Tarang sedangkan customer value berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat menabung pada CU Khatulistiwa Bakti Cabang Batang Tarang.