Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pelanggan Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran Pada UMKM Fashion Di Pontianak

Penulis

  • Silpina Ani Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pelanggan, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran. Populasi dalam penelitian ini adalah 1.608 pelaku usaha UMKM fashion di Pontianak. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling sejumlah 120 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS 24. Hasil pengujian menunjukan Inovasi Produk, Orientasi Pelanggan, dan Keunggulan Bersaing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pemasaran. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,525 yang menunjukan pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pelanggan, Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran sebesar 52,5 persen.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles