Pengaruh Kinerja Promosi Online, Daya Tarik Potongan Harga, Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Swalayan Garuda Mitra Di Pontianak

Penulis

  • Aileen Amelia Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Perubahan preferensi belanja masyarakat yang bergeser dari format besar ke kecil menyebabkan banyak gerai ritel kekurangan intensitas belanja dari para konsumen. Maka dari itu penulis tertarik untuk mengetahui apakah variabel kinerja promosi online, daya tarik potongan harga dan kepercayaan konsumen dapat mendorong terjadi nya keputusan pembelian pada Swalayan Garuda Mitra di Pontianak. Tujuan dari terciptanya keputusan pembelian konsumen adalah untuk meningkatkan penjualan perusahaan dan mencapai keuntungan maksimal. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Swalayan Garuda Mitra yang tidak diketahui jumlah pastinya. Untuk itu dengan teknik Multivariate telah ditentukan jumlah sampel 155 responden, dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistikal Product and Service Solution) versi 26. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa variabel kinerja promosi online, daya tarik potongan harga dan kepercayaan konsumen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil pengujian secara parsial (uji T) menunjukkan bahwa kinerja promosi online dan daya tarik potongan harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel kepercayaan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles