Pengaruh Orientasi Pasar, Kualitas Hubungan Pelanggan Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Kinerja Pemasaran Pada UMKM Kafe Dan Resto Di Kota Pontianak

Penulis

  • Hendry Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah model kerangka berpikir untuk meneliti apakah terdapat pengaruh orientasi pasar, kualitas hubungan pelanggan dan daya tarik promosi dalam memicu terjadinya peningkatan kinerja pemasaran pada UMKM Kafe dan Resto di Kota Pontianak. Bentuk penelitian yang digunakan berbentuk kausalitas. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelaku usaha UMKM Kafe dan Resto yang berdomisili di Pontianak. Sampel dalam penelitian sebanyak 115 responden dengan metode penarikan sampel yaitu purposive sampling. Metode analisa yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif yang diolah dengan menggunakan program SPSS versi 25. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif yang dilakukan melalui pengujian hipotesis menunjukkan bahwa  tidak terdapat pengaruh signifikan antara orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas hubungan pelanggan dan daya tarik promosi terhadap kinerja pemasaran. Penulis menyarankan kepada para pelaku usaha UMKM Kafe dan Resto di kota Pontianak untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan strategi dengan menjalin kualitas hubungan pelanggan dan daya tarik promosi yang dimiliki agar dapat meningkatkan kinerja pemasaran sehingga memperoleh hasil kinerja penjualan yang baik.

Diterbitkan

2025-04-20

Terbitan

Bagian

Articles