Analisis Pengaruh Daya Tarik Promosi, Kualitas Lini Produk, Dan Daya Tarik Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Swalayan Harum Manis
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh daya tarik promosi, kualitas lini produk, dan daya tarik lokasi terhadap keputusan pembelian di swalayan Harum Manis Pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelangganswalayan Harum Manis Pontianak. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling sebanyak 150 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara dan kuesioner Teknik analisis data yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, korelasi dan koefisien determinasi serta uji hipotesis berupa uji F dan uji t dengan program SPSS versi 25. Hasil pengujian menunjukkan bahwa daya tarik promosi, kualita lini produk dan daya tarik lokasi lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,965 atau sama dengan 96,5 persen. Artinya daya tarik promosi, kualitas lini produk, dan daya tarik lokasi terhadap keputusan pembelian pada Swalayan Harum Manis Pontianak sebesar 96,5 persen, sedangkan sisanya 3,5 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan didalam penelitian ini.