Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Umkm Makanan Dan Minuman Di Kota Pontianak
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas. Analisis data dengan menggunakan program SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 25. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran, selanjutnya terdapat pengaruh yang positif signifikan antara Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran. Penulis menyarankan kepada para pelaku usaha UMKM Makanan dan Minuman di Kota Pontianak untuk dapat mempertahankan serta meningkatkan strategi dalam Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing yang dimiliki agar dapat meningkatkan Kinerja Pemasaran sehingga memperoleh hasil kinerja penjualan yang baik.