Analisis Pengaruh Citra Koperasi, Daya Tarik Promosi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Menjadi Anggota Pada Kredit Union Tri Tapang Kasih Cabang Pontianak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra koperasi, daya tarik promosi dan nilai pelanggan terhadap keputusan menjadi anggota pada CU Tri Tapang Kasih cabang Pontianak. Bagaimana tanggapan responden mengenai citra koperasi, daya tarik promosi, dan nilai pelaggan sehingga membuat mereka ingin menjadi anggota koperasi tersebut. Bentuk penelitian adalah bentuk penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah para anggota koperasi CU Tri Tapang Kasih cabang Pontianak dengan jumlah sampel 102 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Dalam penelitian ini menggunakan bantuan program komputer yaitu SPSS (Statistical Product and Service Solution) versi 23. Berdasarkan hasil pengujian (uji f) menunjukkan bahwa variabel citra koperasi, daya tarik promosi, dan nilai pelanggan berpengaruh terhadap keputusan menjadi anggota. Hasil pengujian secara parsial (uji t) menujukkan bahwa citra koperasi dan nilai pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota.