Pengaruh Daya Tarik Promosi, Nilai Pelanggan Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Grand Mahkota Di Pontianak

Penulis

  • Ni Gusti Ayu Nyoman Melianti Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstrak

Seiring berjalannya waktu tingkat persaingan pada industri perhotelan semakin tinggi, dalam persaingan tentunya dibutuhkan strategi-strategi yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel daya tarik promosi, nilai pelanggan dan brand trust memiliki pengaruh terhadap keputusan menginap konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di Hotel Grand Mahkota di Pontianak dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 85 responden dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan metode accidental sampling. Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang dilakukan dengan menghitung pengaruh variabel independen dan dependen dengan menggunakan software SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 29. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, nilai pelanggan dan brand trust berpengaruh terhadap keputusan menginap. Berdasarkan hasil pengujian secara simultan (Uji F) dan pengujian secara parsian (Uji T) menunjukkan bahwa variabel daya tarik promosi, nilai pelanggan dan brand trust berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap.

Diterbitkan

2025-01-24

Terbitan

Bagian

Articles