Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Kinerja Keuangan Terhadap Financial Distress Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Authors

  • Lapieta Flora Barasi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widya Dharma Pontianak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Leverage, Kinerja Keuangan terhadap pada Perusahaan Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 32 dari 55 perusahaan subsektor perkebunan di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menemukan bahwa secara parsial variabel kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap financial distress. Kepemilikan institusional berpengaruh signifikan terhadap financial distress, leverage berpengaruh negatif terhadap financial distress dan kinerja keuangan tidak berpengaruh berpengaruh terhadap financial distress.

References

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Kurniasari, Rahmah. 2014. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Mengadopsi IFRS (International Financial ReportingStandard) pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2011. Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala Darussalam.

Pasaribu, Topowijono dan Sri Sulasmiyati. 2016. Pengaruh Struktur Modal, Struktur Kepemilikan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Kimia yang Terdaftar di BEI Tahun 2011-2014. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 35, No. 1. 154-164. Universitas Brawijaya Malang

Sonya Majid. P. 2016. Pengaruh Kebijakan Hutang, Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Dividen, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di BEI 2011-2014). Jurnal Ilmu manajemen. Vol. 21, No. 2. Universitas Negeri Surabaya.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D”, Cet:20 Bandung,: Alfabeta, 2017.

Wirawan, J. & Willim, A.P. (2023). The Effect of Board Diversity and Financial Stability on Financial Performance of Banking Sector in Indonesian Stock Exchange. Journal of Asian Multicultural Research for Economy and Management Study, 4(4), 8-18.

Published

2024-05-15

Issue

Section

Articles